Membeli Apartemen di Jakarta

Membeli apartemen berbeda dengan membeli rumah. Untuk itu, sejumlah hal perlu dipertimbangkan oleh end-user maupun investor pemula. Perlu sekali untuk mendapatkan banyak informasi tentang jual rumah Jakarta, rumah dijual di Jakarta Selatan, harga rumah di Jakarta, jual rumah Jakarta Selatan, jual rumah Jakarta Timur, rumah dijual di Jakarta Timur, jual rumah di Jakarta Selatan, rumah dijual di Jakarta Barat, jual tanah murah, apartemen Jakarta, harga apartemen di Jakarta, apartemen Jakarta Selatan, sewa apartemen di Jakarta, apartemen di Jakarta Selatan, sewa apartemen Jakarta Selatan, apartemen di Jakarta Pusat, apartemen murah di Jakarta Pusat, apartemen di Jakarta Barat, jual apartement di Jakarta, jual tanah di Jakarta, harga tanah di Jakarta.  Apartemen menjadi alternatif hunian masyarakat di perkotaan. Ketersediaan lahan yang kian terbatas dan kondisi jalan yang makin macet membuat hunian vertikal ini jadi pilihan tempat tinggal. Kondisi ini digunakan sebagian pihak untuk mendulang rupiah dengan menyewakan unit apartemen. Targetnya beragam misalnya pegawai, pekerja pabrik, mahasiswa dan sebagainya.

Kendati demikian, membeli apartemen berbeda dengan membeli rumah. Sejumlah hal perlu dipertimbangkan oleh end-user maupun investor pemula:

Lokasi

Pilihlah apartemen yang dekat lokasi bekerja atau aktivitas rutin lainnya. Akses juga harus diperhatikan, seperti dekat dengan jalur transportasi umum dan fasilitas umum lain, seperti pusat belanja, rumah sakit, tempat ibadah, sekolah, dan lain-lain. Semakin strategis lokasi apartemen, maka akan semakin bagus potensinya untuk investasi. Selain itu, lokasi strategis ini juga tentunya akan memudahkan mobilitas Anda.

Harga Beli

Harga sebuah unit apartemen sangat variatif, bergantung lokasi, letak lantai, view unit, dan fasilitas. Biasanya pengembang menjual apartemen dalam ukuran semi gross are yang memiliki selisih 8%-15% lebih besar dari ukuran asli unit apartemen.

Pembayaran

Membeli unit apartemen secara tunai hard cash sebenarnya lebih menguntungkan, karena Anda bisa memeroleh diskon cukup besar (sekitar 15% – 20%). Jika keuangan tak mencukupi, cara pembayaran tunai bertahap (installment) bisa dipilih. Tetapi biasanya tenor yang diberikan developer maksimal hanya lima tahun, sehingga nominal yang harus digelontorkan per bulannya masih cukup besar.

Biaya Pemeliharaan

Hal lain yang harus diperhatikan adalah besaran biaya pemeliharaan atau sevice charge & sinking fund yang harus dikeluarkan setiap bulan.

Pengembang

Membangun apartemen memerlukan prosedur dan perizinan yang kompleks. Oleh karena itu, pengembang harus mempunyai reputasi yang terjamin, sehingga Anda terhindar dari penipuan, cedera janji, dan lain-lain. Selain itu, reputasi kontraktor maupun konsultan perencana bangunan pun perlu diketahui, karena menyangkut kualitas dan estetika bangunan.

Keamanan dan Kenyamanan

Fasilitas yang terdapat di dalam apartemen menunjukkan tingkat keamanan dan kenyamanan penghuni. Untuk itu, fasilitas yang tersedia harus diketahui sejak awal. Fasilitas standar sebuah apartemen adalah area parkir penghuni dan tamu, lift, kamera pengawas, taman, kolam renang, sarana olahraga, club house, restoran atau kafe, serta minimarket.

Spesifikasi Unit

Spesifikasi unit mencakup partisi ruangan dan perlengkapan yang menempel pada bangunan. Unit apartemen ada yang dijual lengkap (fully furnished), dengan bath tub, kitchen set, telepon, internet, pemanas air, dan AC.

Manajemen Properti

Manajemen properti yang profesional tentu akan membuat segala permasalahan teratasi dengan baik. Sebaliknya, manajemen properti yang buruk akan membuat tinggal di apartemen sangat merepotkan.

Prospek Investasi

Selain menjadi hunian, apartemen juga ajang investasi yang baik. Dengan demikian, prospek apartemen tersebut perlu diketahui sebelumnya supaya ini menjadi ivestasi yang menguntungkan untuk Anda.